• icon

icon-

icon

Need Help? call us free

(0751) 466572 / 0813
No Images

Tata Pamong

1. Kredibel
Pelaksanaan tata pamong pada Akademi Kebidanan Pasaman Barat berpedoman kepada Standar Operasional Prosedur no : AKPB-PM-05/05 tentang Pemilihan Pimpinan Perguruan Tinggi  sesuai mekanisme dengan SK  Yayasan tentang Pemilihan Direktur No: 042/YPSB/SK/XI/2008 dan SK Perpanjangan No: 01.029/YPSB/SK/III/2013 serta  mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan peraturan-peraturan lain di bidang pendidikan tinggi salah satunya yaitu:

  1.  Pembentukan Akademik sebagai pelaksana kegiatan proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu diangkat Direktur, Wakil Direktur I, II, dan III.
  2. Dalam Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, Direktur perlu mengeluarkan Surat Keputusan dan Menunjuk Panitia dalam pelaksanaaan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian.
  3. Secara operasional administratif, Akademi Kebidanan Pasaman Barat melaporkan kegiatan proses pembelajarannya ke DIKTI melalui Kopertis Wilayah X.

Dalam memperlancar PBM, Direktur  dibantu oleh:

  1. Tenaga kependidikan dalam kelompok dosen dalam lingkup mata kuliah berdekatan yang dimiliki Akademik. Untuk pendalaman pengelompokan ilmu dan peningkatan kompetensi terkait.
  2. Unsur penunjang yaitu perpustakaan dan laboratorium. Dalam rangka penyelesaian akhir studi, Direktur dibantu Panitia Ujian Akhir Program

2. Transparan
Civitas Akademika  Akbid Pasbar dilibatkan dalam menentukan  pengembangan kebijakan. Keterlibatan dosen dalam penentuan kebijakan misalnya dalam perbaikan/evaluasi kurikulum, penyusunan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP, hand out, kontrak perkuliahan dan buku Ajar. Tentang pelibatan mahasiswa dalam penentuan kebijakan misalnya:  kegiatan mahasiswa. Partisipasi civitas akademika dalam pengembangan kebijakan dapat disampaikan dalam dialog antara Direktur dengan civitas akademika.

Setiap bagian dari tata pamong yang ada pada Akademik Diploma III Kebidanan, sepenuhnya didukung oleh tata  penugasan secara transparan, memenuhi kaidah-kaidah akuntabilitas, dapat dipertanggung jawabkan, dan berkeadilan dalam setiap penyusunan rencana, proses, dan hasil yang ingin dicapai oleh diploma III kebidanan.

Kebijakan dan prosedur akademik ini sesuai dengan Standar Operasional Prosedur No. AKPB-RM-10 tentang Rencana Mutu Program Studi yang meliputi:

  • Kebijakan dan prosedur pelayanan akademik dan sarana prasarana pendukung akademik disosialisasikan dalam bentuk buku panduan akademik yang dibagikan pada saat penerimaan mahasiswa baru.
  • Tata tertib mahasiswa disosialisasikan melalui banner yang terpasang di kampus maupun dalam buku panduan akademik
  • Kode etik dosen disosialisasikan melalui buku panduan akademik
  • Standar mutu akademik disosialisasikan kepada dosen melalui rapat akademik
  • Aturan perkuliahan, SAP, silabus dan metode penilaian disampaikan pada awal perkuliahan
  • Setiap prosedur dan kebijakan yang ada serta perubahannya dilakukan sosialisasi dalam forum formal maupun sarana publikasi lainnya

3. Akuntabel
Tata pamong pada  Akademi Kebidanan Pasaman Barat dilengkapi dengan seperangkat instrumen, perangkat pendukung, kebijakan dan peraturan, serta kode etik dosen, tenaga kependidikan, secara akuntabel kepada dosen dan mahasiswa, sehingga semua sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya terikat pada kode etik, kebijakan, dan peraturan lembaga yang ada.setiap pelanggaran atas kode etika telah diatur mekanisme sanksi seperti teguran lisan, tertulis, skorsing, dikeluarkan dari institusi.

4. Bertanggung Jawab
Direktur bertanggungjawab atas pelaksanaan program kerja  baik Pendididkan, Penelitian, dan Pengabdian sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan. Dalam pelaksanaan program direktur  dibantu oleh Pembantu Direktur I, II dan III serta panitia ad hoc. Setiap akhir bulan, dilakukan koordinasi pelaksanaan program dan evaluasi atas program yang telah dilaksanakan. Pada akhir tahun anggaran, diadakan evaluasi program secara menyeluruh sekaligus merancang program kerja untuk satu tahun anggaran berikutnya yang merupakan kelanjutan dari program kerja tahun berjalan. Dalam melaksanakan tanggung jawab ini Direktur berpedoman kepada Standar Operasional Prosedur No. AKPB-JD-21 Tentang Job Description (Tugas Pokok, Fungsi Jabatan, dan Rincian Tugas) Direktur.

5. Adil
Setiap civitas akademika menjalankan tugas sesuai dengan job deskrifsinya secara adil, disamping penilaian etika  diatur pula penghargaan atas kinerja dan prestasi dosen karyawan dan mahasiswa yang memberikan kontribusi positif.Program Studi Akademi Kebidanan Pasaman Barat memberikan penghargaan dalam bentuk sertifikat atau dana kepada setiap civitas akademika, dosen, karyawan dan mahasiswa yang memiliki kinerja yang baik dan prestasi yang baik. Kegiatan proses belajar mengajar dipantau kecukupan dan kesesuaian dan kesesuaian mengajar dosen dengan SAP, dan silabus yang telah disusun. Pada akhir semester proses belajar mengajar di evaluasi oleh lembaga penjaminan mutu melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Lembaga penjamin mutu juga mengevaluasi kinerja dosen dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Serta kinerja tenaga kependidikan dalam pelayanan kepada mahasiswa.Hasil evaluasi tersebut akan menjadi dasar dalam penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan serata pemberian penghargaan.

Pedoman-pedoman yang dipakai adalah sebagai berikut :
  1. Standar Operasional Prosedur No. AKPB-PM-21/21 tentang Prosedur Mutu Pemilihan Dosen Berprestasi
  2. Standar Operasional Prosedur No. AKPB-SM-21 tentang Sasaran Mutu Kepegawaian
  3. Standar Operasional Prosedur No. AKPB-RM-21 tentang Rencana Mutu KepegawaiaN
  4. Standar Operasional Prosedur No. AKPB-PM-21/01 tentang Prosedur Mutu Pengelolaan Absensi.
  5. Standar Operasional Prosedur No. AKPB-IK-PM-21/04-01 tentang Instruksi Kerja Penempatan Dosen dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Operasional Prosedur No. AKPB-PM-21/09 tentang Prosedur Mutu Pemberian Penghargaan/Sanksi.
  7. Standar Operasional Prosedur No. AKPB-PM-21/13 tentang Prosedur Mutu Pembinaan Pegawai dan Dosen Bermasalah.