• icon

icon-

icon

Need Help? call us free

(0751) 466572 / 0813
No Images

MONITORING

Pelaksanaan pembelajaran pada Program Studi Diploma III Akademi Kebidanan Sumatera Barat memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki setiap semester tentang kehadiran mahasiswa, kehadiran dosen, materi kuliah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur No AKSB-PM-10-02 Proses Belajar Mengajar

Monitoring perkuliahan dilakukan oleh Audit Mutu Internal sebanyak 3 kali, yaitu pada minggu pertama perkuliahan, pertengahan kuliah dan akhir perkuliahan. Adapun yang dievaluasi meliputi: kesiapan sarana dan prasarana perkuliahan teori, yang terdiri dari komponen: jadwal perkuliahan, kesesuaian jadwal perkuliahan, kondisi prasarana perkuliahan, kesiapan sarana perkuliahan, ketersediaan daftar hadir mahasiswa, ketersediaan daftar laporan perkuliahan, jumlah mahasiswa penempuh dan ketepatan waktu pelaksanaan kuliah.Serta Angket Kinerja Dosen pada perkuliahan minggu pertama, yang terdiri: penjelasan tujuan perkuliahan, penjelasan ruang lingkup bahan, penjelasan kebermaknaan, penjelasan kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa, penjelasan media, kehadiran, bahan acuan, jenis tugas, cara penilaian, pembobotan dan umpan balik. Sepeti dijelaskan pada bagan berikut :

monitoring

Kehadiran Dosen dan Pencapaian Materi

Untuk memonitor kehadiran dosen secara khusus dilakukan pengecekan melalui presensi setiap pertemuan yang dilengkapi dengan buku monitoring kuliah dan praktikum, buku monitoring diisi oleh dosen pada setiap kegiatan perkuliahan yang berisi pokok bahasan/sub pokok bahasan yang diajarkan dan judul materi praktikum, jumlah mahasiswa yang hadir, dan ditandatangani oleh dosen yang bersangkutan demikian juga dengan kegiatan praktikum. Monitoring aktivitas mengajar dosen   akan direkap oleh tenaga kependidikan. Pencapaian rencana kegiatan perkuliahan dapat dilihat buku monitoring ini. Disamping itu ruang perkuliahan juga di pantau dengan CCTV. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan tiap semester oleh bagian Administrasi Akademik, hasilnya disampaikan pada rapat dosen untuk dilakukan tindak lanjut perbaikan.

 

Kehadiran mahasiswa

Persyaratan kehadiran mahasiswa sekurang-kurangnya 90% kegiatan kuliah baik dengan alasan sakit, alpa maupun ijin. Kehadiran mengikuti praktikum adalah 100% untuk setiap mata kuliah sesuai dengan kontrak perkuliahan yang sudah tersedia pada persentasi kehadiran. Kontrak perkuliahan berisi deskripsi toleransi kehadiran, ketertiban selama PBM, partisipasi selama PBM, dan indikator penilaian. Kontrak perkuliahan disampaikan oleh koordinator tiap mata kuliah pada awal kegiatan PBM dan ditandatangani oleh mahasiswa dan dosen pengasuh mata kuliah.

 

Mahasiswa diperkenankan ikut UAS bila memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa pada semester yang bersangkutan.
  2. Memenuhi semua persyaratan administratif yang ditetapkan, misalnya telah mengembalikan buku perpustakaan, mengganti peralatan yang rusak / hilang atas tanggung jawabnya, dsb.
  3. Memenuhi persyaratan kehadiran sekurang-kurangnya 90% kegiatan kuliah baik dengan alasan sakit, alpa maupun ijin.
  4. Kehadiran 70-89% diperbolehkan mengikuti ujian dengan penugasan.
  5. Kehadiran kurang dari 70% tidak diperkenankan mengikuti ujian mata kuliah yang bersangkutan dan harus mengikuti perkuliahan tersebut pada semester berikutnya.
  6. Mengikuti seluruh kegiatan (100%) praktikum laboratorium, praktek kerja lapangan, praktek klinik, seminar atau kegiatan sejenis.
  7. Sanksi ketidakhadiran praktek ditatanan nyata adalah sebagai berikut :
  • Sakit : mengganti 1 kali
  • Ijin : mengganti 2 kali
  • Alpa : mengganti 3 kali